Minggu, 04 Oktober 2009

TUTORIAL BIKIN SHAPE MODULAR UNIK

TUTORIAL BIKIN SHAPE MODULAR UNIK

Halo!! Kali ini, gw akan memberikan jurus ampuh untuk bikin2 desain unik di CorelDRAW. Aku menemukan jurus ini di CorelDRAW 11 (sekarang aku pakai ver. X4) ~well mungkin juga bisa dipakai di versi2 sebelumnya.

Saat liyat artwork pinky ini..



Apakah reaksi kamu:
1. "Ah.. Ini sih keciiiil.. Gw juga bisa!!"
2. "Hmm.. Lumayan rumit.. Caranya gimana tuh?"
3. "Wow!! Awesome.. Ini beneran pake CorelDRAW?!?"
4. "Gilaaa!! Ajarinn!! Ajarin!!!! Ajarinn!!!"


Apapun pilihan kamu, minumnya tetap teh sosro.. *Ah, gw ngapain sih?!* Believe it or not.. kamu bisa bikin artwork rumit macem ini dengan amat sangat mudah. Gw jamin nggak nyampe 10 menit.. (Hmm, kecwali kalo emang pd dasar kamu yg lelet sih-- ya jangan salahin gw.. >_<)

Oke..

1. Buka CorelDRAW, bikin satu curve aneh / unik make pentool. Curve bikinan gw agak sedikit berbau tribal..


2. Warnai aja terserah.. Gw pake warna merah..


3. Tanpa basa-basi, keluarkan docker rotasi dg cara klik Window >> Dockers >> Transformations >> Rotate (shortcut Alt + F8). Ubah beberapa opsi di sana: Angle-nya 45°, sumbu rotasi di pojok kanan (tanda 'check' ijo).


4. Klik 'Apply to duplicate' sebanyak 7 X !! Objek unik kita akan 'berkloning' secara melingkar. Dan satu bentuk unik sudah kita dapatkan!!! Surprise?!?


5. Tidak hanya 1 bentuk itu saja. Dengan memindah sumbu rotasi (pojok kanan, kiri, atas, bawah dst dst) kita bisa dapatkan bentuk2 menarik dari objek kita itu!! Tentu saja, setelah mengklik 'Apply to Duplicate'..

See?! Nggak nyampe 5 menit kan?!

6. Cara lain untuk membuat bentuk modular yang berbeda adalah dengan memindah sumbu rotasi secara manual. Caranya?! Klik 'objek unik'.. klik sekali lagi untuk merubah cara transformasi (dilambangkan tanda panah melengkung di sisi2 objek). Lihat ada simbol bulatan dengan titik di tengah itu?! Drag/geser sesuai keinginan kamu!! Di sini, gw pindah agak menjauh ke arah kanan. Dan setelah di-'Apply duplicate' 7x jadilah bentuk baru..


7. Dengan beberapa perpindahan sumbu rotasi, kita bisa menciptakan lebih dari 1001 bentuk baru dari 1 bentuk unik itu!!!!!! It's fun!!!!

0 komentar: